SILABUS MATA PELAJARAN: MATEMATIKA (PEMINATAN)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI
1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
KI
3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1. Menghayati
dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap senang,
percayadiri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan
percayadiri serta responsif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu
yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan
sosial dan alam
2.3 Berperilaku peduli ,
bersikap terbuka dan toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam
masyarakat.
|
|
|
|
|
|
3.1. Mendeskripsikan
dan menganalisis berbagai konsepdan prinsip fungsi eksponensial dan logaritma
serta menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
3.2.
Menganalisisdata sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan logaritma
dari suatu permasalahan dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Fungsi Eksponensial dan Logaritma
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian fungsi, mengamati grafik fungsi,
sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan fungsi logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai
sumber belajar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi
eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian fungsi, grafik
fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
●Menganalisis
dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian
fungsi,grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah
nyata.
●
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian fungsi,
grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen dan
logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan
grafik/diagram.
|
Tugas
●
Membaca dan mencermati mengenai
pengertian fungsi, grafik fungsi, sifat-sifat grafik fungsi eksponensial dan
fungsi logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber
belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
●
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen dan logaritma, dan penerapannya
pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang yang sudah diselesaikan, kemudian
membuat refleksi diri.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian mengenai pengertian fungsi, grafik fungsi eksponen dan
logaritma, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
9 x 3
jam pelajaran
|
●
Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
●
Buku referensi dan artikel.
●
Internet.
|
4.1. Menyajikan
grafik fungsi eksponensial dan logaritma dalam memecahkan masalah nyata
terkait pertumbuhan dan peluruhan.
4.2. Mengolah
data dan menganalisis menggunakan
variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari
situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.
|
|
|
|
|
●
|
3.3 Mendeskripsikan dan
menerapkan konsep sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel (SPLKDV)
dan memilih metode yang efektif untuk menentukan himpunan penyelesaiaanya
3.4 Menganalisis nilai
diskriminan persamaan linier dan kuadrat dua variabel dan menerapkannya
untuk menentukan himpunan penyelesaian
sistem persamaan yang diberikan.
|
Sistem
Persamaan Linier dan Kuadrat Dua Variabel
|
Mengamati
Membaca
dan mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan,
dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian SPLKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
●
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian SPLKDV,
diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
●
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian
SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan,
tulisan, dan bagan.
|
Tugas
●
Membaca dan mencermati mengenai
pengertian, metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada
masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau
elektronik).
●
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian,
metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian,
metode penyelesaian SPLKDV, diskriminan, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3 jam pelajaran
|
●
Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
●
Buku referensi dan artikel.
●
Internet.
|
4.3 Memecahkan dan menyajikan hasil pemecahan
masalah nyata sebagai terapan konsep dan aturan penyelesaian sistem persamaan
linier dan kuadrat dua variabel.
4.4 Mengolah dan menganalisis informasi dari
suatu permasalahan nyata dengan memilih variabel dan membuat model matematika
berupa sistem persamaan linier dan kuadrat dua variabel dan
mengiterpretasikan hasil penyelesaian sistem tersebut.
|
|
|
|
|
●
|
3.5 Mendeskripsikan konsep sistem
pertidaksamaan kuadrat dua variabel dan menerapkannya untuk menentukan himpunan
penyelesaiannya.
3.6
Menganalisis kurva pertidaksamaan kuadrat dua variabel pada sistem yang
diberikan dan mengarsir daerah sebagai himpunan penyelesaiannya.
|
Sistem
Pertidaksamaan Kuadrat Dua Variabel
|
Mengamati
Membaca
dan mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian, kurva sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel
(SPtdKDV), dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya
pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
●
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada masalah
nyata.
●
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian, kurva SPtdKDV, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian,
kurva SPtdKDV, dan penerapannya pada
masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan grafik/ diagram.
|
Tugas
Membaca dan mencermati mengenai pengertian,
metode penyelesaian, kurva SPtdKDV,
dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku,
artikel cetak, atau elektronik).
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian,
metode penyelesaian, kurva
SPtdKDV, dan penerapannya pada
masalah nyata.
|
6 x 3 jam pelajaran
|
●
Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
●
Buku referensi dan artikel.
●
Internet.
|
4.5 Memecahkan masalah dengan membuat model
matematika berupa sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel serta menyajikan
pemecahannya dengan berbagai cara.
|
|
|
|
|
●
|
3.7 Mendeskripsikan
dan menerapkan konsep pertidaksamaan dan nilai mutlak dalam menentukan
himpunan penyelesaian pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak.
3.8 Mendeskripsikan
dan menerapkan konsep pertidaksamaan pecahan, irasional, dan mutlak dalam
menyelesaikan masalah matematika.
3.9 Mendeskripsikan
dan menerapkan konsep dan sifat-sifat pertidaksamaan pecahan, irrasional dan
mutlak dengan melakukan manipulasi aljabar dalam menyelesaikan masalah
matematika.
3.10 Menganalisis daerah penyelesaian
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak.
|
Pertidaksamaan
mutlak,
pecahan, dan
irrasional
|
Mengamati
Membaca
dan mencermati mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan
nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada
masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan
dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
●
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak,
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata.
●
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian, metode
penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,
irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, metode penyelesaian
pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan, irrasional dan
mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
●
Membaca dan mencermati mengenai
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak,
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
●
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak,
pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian,
metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan pecahan,
irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
6 x 3 jam pelajaran
|
●
Buku Teks Pelajaran Matematika Peminatan
kelas X.
●
Buku referensi dan artikel.
●
Internet.
|
4.6
Memecahkan masalah pertidaksamaan pecahan, irrasional dan mutlak dalam penyelesaian masalah nyata.
|
|
|
|
|
●
|
3.11 Mendekripsikan konsep dan aturan pada bidang datar serta menerapkannya
dalam pembuktian sifat-sifat (simetris, sudut, dalil titik tengah segitiga,
dalil intersep, dalil segmen garis, dll) dalam geometri bidang.
|
Geometri Bidang Datar
|
Mengamati
Membaca
dan mencermati mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang dan
sifat-sifat pada titik, garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang
datar, dan penerapannya pada masalah
nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat
pada titik, garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian titik, garis, sudut, bidang dan
sifat–sifat pada titik,garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar,
dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
●
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik,
garis, sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.
●
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian titik, garis,
sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis, sudut, dan bidang dalam
geometri bidang datar, dan
penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian titik, garis, sudut,
bidang dan sifat-sifat pada titik, garis, sudut, dan bidang dalam geometri
bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, tulisan, dan
bagan.
|
Tugas
●
Membaca dan mencermati mengenai
pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis,
sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah
nyata minimal dari 2 sumber belajar (buku, artikel cetak, atau elektronik).
●
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai
pengertian titik, garis, sudut, bidang dan sifat-sifat pada titik, garis,
sudut, dan bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah
nyata.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian
membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian
titik, garis, sudut, bidang dan sifat –sifat pada titik, garis, sudut, dan
bidang dalam geometri bidang datar, dan penerapannya pada masalah nyata.
|
8 x 3 jam pelajaran
|
●
Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
●
Buku referensi dan artikel.
●
Internet.
|
4.7 Menyajikan
data terkait objek nyata dan mengajukan masalah serta mengidentifikasi
sifat-sifat (kesimetrian, sudut, dalil titik tengah segitiga, dalil intersep,
dalil segmen garis, dll) geometri bidang datar yang bermanfaat dalam
pemecahan masalah nyata tersebut.
|
|
|
|
|
●
|
3.12 Mendeskripsikan konsep persamaan Trigonometri dan menganalisis
untuk membuktikan sifat-sifat persamaan Trigonometri sederhana dan
menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Persamaan
Trigonometri
|
Mengamati
Membaca
dan mencermati mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
Menanya
Membuat
pertanyaan mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas
trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengeksplorasi
Menentukan
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengasosiasi
●
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah
nyata.
●
Menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan pengertian, teknik
penyelesaian persamaan dan identitas
trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan
penerapannya pada masalah nyata dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
Membaca dan mencermati mengenai pengertian,
teknik penyelesaian persamaan dan identitas
trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata minimal dari 2
sumber belajar (buku, artikel cetak atau elektronik).
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai pengertian, teknik penyelesaian persamaan dan
identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata.
Portofolio
Menyusun
dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang berkaitan dengan identitas
trigonometri, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian,
teknik penyelesaian persamaan dan identitas trigonometri, dan penerapannya
pada masalah nyata.
|
6 x 3 jam pelajaran
|
●
Buku Teks Pelajaran Matematika
Peminatan kelas X.
●
Buku referensi dan artikel.
●
Internet.
|
4.8 Mengolah
dan menganalisis informasi dari suatu permasalahan nyata dengan membuat model
berupa fungsi dan persamaan Trigonometri serta menggunakannya dalam
menyelesaikan masalah.
4.9 Merencanakan dan
melaksanakan strategi dengan melakukan manipulasi aljabar dalam persamaan
Trigonometri untuk membuktikan kebenaran identitas Trigonometri serta
menerapkannya dalam pemecahan masalah kontekstual.
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar