SILABUS MATA PELAJARAN: MATEMATIKA
(WAJIB)
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas : X
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1. Menghayati
dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten,
sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan
strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
|
|||||
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai
dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa
kebenaran langkah-langkahnya.
|
Eksponen
dan Logaritma
|
Mengamati
Membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar
dari eksponen dan logaritma.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian dan
aturan dari hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen
dan logaritma, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan aturan dari eksponen
dan logaritma.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian, aturan eksponen dan logaritma dan penerapannya dalam
penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan eksponen dan logaritma dengan lisan, dan
tulisan.
|
Tugas
●
Mencari dan
membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar dari eksponen dan logaritma.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai penggunaan aturan/ sifat eksponen dan logaritma.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan penggunaan aturan/
sifat eksponen dan logaritma.
|
3 x 4 jam
pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.1 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa
eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan
aturan yang telah terbukti kebenarannya.
|
|||||
3.2 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam
persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
nyata.
|
Persamaan
dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan
pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian nilai
mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan
persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata
yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi,
penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan
pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait
dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian nilai mutlak,
ekspresi-ekspresi, dan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier dalam
tanda mutlak dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang terkait
persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dengan lisan, tulisan,
dan bagan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan
masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam
tanda mutlak.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
dalam tanda mutlak, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang
sederhana.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, dan
penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang sederhana.
|
3 x 4 jam
pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.2 Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan
linier dalam memecahkan masalah nyata.
4.3 Membuat
model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel yang
melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan
jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya.
|
|||||
3.3 Mendeskripsikan konsep sistem persamaan linier dua dan tiga
variabel serta pertidaksamaan linier dua variabel dan mampu menerapkan
berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya
serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam pemecahan masalah matematika.
|
Sistem
Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Dua Variabel, dan Sistem Persamaan Linier
Tiga Variabel
|
Mengamati
Membaca mengenai ekspresi sistem persamaan
linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara
menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam
model matematika, serta penyelesaiannya.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai ekspresi sistem
persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara
menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam
model matematika, serta penyelesaiannya.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada
ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan
linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah
nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga
variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan
penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika,
serta penyelesaiannya, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah
dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian ekspresi
sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
cara menentukan himpunan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan
dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai ekspresi sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, cara menentukan himpunan penyelesaiannya,
dan
masalah nyata yang disajikan dalam model
matematika, serta penyelesaiannya.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai menentukan himpunan penyelesaiannya sistem
persamaan linier dua, tiga variabel, dan pertidaksamaan linier dua variabel,
dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta
penyelesaiannya.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai menentukan
himpunan penyelesaiannya sistem persamaan linier dua, tiga variabel, dan
pertidaksamaan linier dua variabel, dan masalah nyata yang disajikan dalam
model matematika, serta penyelesaiannya.
|
3 x 4 jam
pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.4 Menggunakan
SPLDV, SPLTV dan sistem pertidaksamaan linear duavariabel (SPtLDV) untuk menyajikan
masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun
tulisan
4.5 Membuat
model matematika berupa SPLDV, SPLTV, dan SPtLDV dari situasi nyata dan
matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya
|
|||||
3.4 Mendeskripsikan konsep matriks sebagai representasi numerik
dalam kaitannya dengan konteks nyata.
3.5 Mendeskripsikan operasi sederhana matriks
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Matriks
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian matriks,
contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
sederhana matriks.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian matriks,
contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi
sederhana matriks.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam bentuk
matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian matriks, contoh-contoh masalah
nyata yang disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks,
kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat
dibuat kesimpulan mengenai pengertian matriks, masalah nyata yang dapat
disajikan dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian matriks, masalah nyata yang dapat disajikan dalam bentuk
matriks, dan operasi sederhana matriks dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian matriks, contoh-contoh masalah nyata yang disajikan dalam
bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai penyajian masalah nyata ke dalam bentuk matriks,
dan operasi sederhana matriks.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyajian
masalah nyata ke dalam bentuk matriks, dan operasi sederhana matriks.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.6 Menyajikan model
matematika dari suatu masalah nyatayangberkitan dengan matriks.
|
|||||
3.6 Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil
suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai bentuk
(grafik, himpunan pasangan terurut, atau ekspresi simbolik)
3.7 Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk
yang merupakan fungsi.
|
Relasi
dan Fungsi
|
Mengamati
Membaca pengertian daerah asal, daerah kawan,
dan daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan fungsi.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian daerah
asal, daerah kawan, daerah hasil dari berbagai penyajian suatu relasi dan
fungsi.
Mengeksplorasi
Menentukan daerah asal, daerah kawan, dan
daerah hasil dari berbagai penyajian suatu
relasi dan fungsi.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil
dari berbagai penyajian suatu relasi
dan fungsi, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian daerah asal, daerah
kawan, dan daerah hasil, relasi, fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai
penyajian relasi yang merupakan suatu fungsi.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil, relasi,
fungsi, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian relasi yang merupakan
suatu fungsi dengan lisan, tulisan,
dan bagan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi dan fungsi.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan daerah asal, daerah kawan, dan daerah
hasil dari berbagai penyajian suatu
relasi dan fungsi.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai yang
terkait daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil dari berbagai penyajian
suatu relasi dan fungsi.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.7 Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi dalam
menyelesaikan masalah.
|
|||||
3.8 Memprediksi pola barisan dan deret aritmetika dan geometri atau
barisan lainnyamelalui pengamatan dan memberikan alasannya.
|
Barisan dan
Deret
|
Mengamati
Membaca, mengenai pengertian, pola-pola barisan
dan deret aritmatika dan geometri.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian barisan
dan deret aritmatika dan geometri.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
geometri, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan perbedaan barisan
dan deret aritmatika dan geometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian, perbedaan dan penerapannya dalam penyelesaian masalah
sederhana yang terkait dengan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
geometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
●
Mencari dan
membaca mengenai pengertian, pola-pola barisan dan deret aritmatika dan
geometri.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
|
3 x 4 jam
pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.8 Menyajikan hasil,menemukan pola barisan dan deret dan
penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.
|
|||||
3.9 Mendeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah
menjadi persamaan kuadrat.
3.10 Mendeskripsikan persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi
dan menerapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta
memeriksa kebenaran jawabannya.
3.11 Menganalisis fungsi dan persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk
penyajian masalah kontekstual.
3.12 Menganalisis grafik fungsi dari data terkait masalah nyata dan
menentukan model matematika berupa fungsi kuadrat.
|
Persamaan
dan Fungsi Kuadrat
|
Mengamati
Membaca mengenai berbagai ekspresiyangdapat
diubah menjadi persamaan kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan
fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi
kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara mengubah berbagai
ekspresimenjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk menyelesaikan
persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam ekspresi
persamaan dan fungsi kuadrat serta penyelesaiannya, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrat.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat, strategi untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah nyata dalam
ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi
kuadrat.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada berbagai ekspresiyangdapat diubah menjadi
persamaan kuadrat, strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat,
penyajian masalah nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan
menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara
mengubah berbagai ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam
ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi
kuadrat.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
cara mengubah berbagai ekspresi menjadi persamaan kuadrat, memilih
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrati dengan lisan, tulisan, dan bagan.
|
Tugas
●
membaca
mengenai berbagai ekspresiyangdapat diubah menjadi persamaan kuadrat,
strategi untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, penyajian masalah
nyata dalam ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa
grafik fungsi kuadrat.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait dengan
mengubah berbagai ekspresimenjadi persamaan kuadrat, memilih strategi untuk
menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat, menyajikan masalah nyata dalam
ekspresi persamaan dan fungsi kuadrat, dan menggambar sketsa grafik fungsi
kuadrat.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.9 Mengidentifikasi dan
menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah
nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan.
4.10 Menyusun model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran
jawabannya.
4.11 Menggambar dan membuat sketsa grafik
fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yang ditentukan dan
menafsirkan karakteristiknya.
4.12 Mengidentifikasi hubungan fungsional kuadratik dari fenomena
sehari-hari dan menafsirkan makna dari setiap variabel yang digunakan.
|
|||||
3.13 Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan
bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peragaatau media lainnya.
|
Geometri
|
Mengamati
Membaca dan mengamati pengertian, gambar, dan
peraga mengenai jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan
bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara
titik, garis dan bidang.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian, jarak
antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah
nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada jarak
antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah
nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut
antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan
sudut antara titik, garis dan bidang, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang
sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta
cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara
titik, garis dan bidang.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian jarak antar titik, garis, dan bidang, sudut antar garis,
dan bidang, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan
jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang dengan lisan, tulisan, dan
bagan.
|
Tugas
●
Membaca dan
mengamati, pengertian, gambar, dan peraga mengenai jarak antar titik, garis,
dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta masalah nyata yang berkaitan
dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan
deret aritmatika dan geometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai jarak antar
titik, garis, dan bidang, sudut antar garis, dan bidang, serta cara
menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan jarak dan sudut antara
titik, garis dan bidang.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.13 Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang serta dalam
menyelesaikan masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik,
garis dan bidang.
|
|||||
3.14 Mendeskripsikan konsep perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan
sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku- siku sebangun.
3.15 Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan
trigonometri dalam segitiga siku- siku.
3.16 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan perbandingan
Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam
penyelesaian masalah nyata dan matematika
3.17 Mendeskripsikan konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis
grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari
sudut- sudut istimewa.
|
Trigonometri
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian perbandingan
trigonometri, hubungan antar perbandingan trigonometri pada segitiga
siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata
dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa
dan mengamati grafik fungsi trigonometri.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian
perbandingan trigonometri, hubunganantar perbandingan trigonometri
padasegitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada
perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi
trigonometri.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada perbandingan trigonometri, hubungan antar
perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap
kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai
fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri, kemudian menghubungkan
unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan
mengenai pengertian perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri dengan lisan, tulisan, dan
bagan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan
penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi
trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan perbandingan trigonometri, hubungan
antar perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan sudut pada setiap
kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai
fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai
perbandingan trigonometri, hubungan antar perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada
masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari
sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.
|
4 x 4 jam
pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.14 Menerapkan perbandingan trigonometri dalam menyelesaikan
masalah.
4.15. Menyajikan grafik fungsi trigonometri.
|
|||||
3.18 Mendeskripsikan konsep limit fungsi aljabar dengan menggunakan
konteks nyata dan menerapkannya.
3.19 Merumuskan aturan dan sifat limit fungsi aljabar melalui
pengamatan contoh-contoh.
|
Limit
Fungsi
Aljabar
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian limit fungsi
aljabar melalui penerapan dalam konteks nyata, mengamati contoh penggunaan
aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian limit
fungsi aljabar, penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada
pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada limit fungsi aljabar, aturan, dan sifat limit
fungsi aljabar, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian limit fungsi aljabar,
penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian limit fungsi aljabar,
penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata. dengan
lisan, dan tulisan.
|
Tugas
●
Membaca
mengenai pengertian limit fungsi aljabar melalui penerapan dalam konteks
nyata, mengamati contoh penggunaan aturan dan sifat limit fungsi aljabar.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penggunaan
aturan dan sifat limit fungsi aljabar dalam masalah nyata.
|
3 x 4 jam
pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.16 Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika
dalam memecahkan masalah nyata tentang limit fungsi aljabar.
|
|||||
3.20 Mendeskripsikan berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau
diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan
data melalui analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data.
3.21 Mendeskripsikan data dalam bentuk tabel atau diagram/plot
tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.
|
Statistika
|
Mengamati
Mengamati berbagai penyajian data dalam bentuk
atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai cara membuat
berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada
berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan
sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara membuat berbagai penyajian
data dalam bentuk atau diagram/plot.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
cara membuat berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot
dengan lisan, tulisan, dan diagram.
|
Tugas
●
Mengamati
berbagai penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot, dan cara membuatnya.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal mengenai berbagai penyajian data dalam bentuk atau
diagram/plot.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai berbagai
penyajian data dalam bentuk atau diagram/plot.
|
3 x 4 jam pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.17Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot
tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan.
|
|||||
3.22 Mendeskripsikan konsep peluang suatu kejadian menggunakan
berbagai objek nyata dalam suatu percobaan menggunakan frekuensi relatif.
|
Peluang
|
Mengamati
Membaca dan mengamati pengertian peluang suatu
kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian peluang
suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada
pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai
objek.
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari
unsur-unsur yang terdapat pada pengertian peluang suatu kejadian yang
diperoleh dari percobaan berbagai objek, kemudian menghubungkan unsur-unsur
yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
Mengomunikasikan
Menyampaikan
pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan
berbagai objek dengan lisan, dan tulisan.
|
Tugas
●
Membaca dan
mengamati pengertian peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan
berbagai objek.
●
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan peluang suatu kejadian yang diperoleh
dari percobaan berbagai objek.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait dengan
peluang suatu kejadian yang diperoleh dari percobaan berbagai objek.
|
3 x 4 jam
pelajaran
|
●Buku Teks Pelajaran Matematika kelas X.
●Buku referensi dan artikel.
●Internet.
|
4.18 Menyajikan hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan
berbagai objek nyata melalui percobaan menggunakan frekuensi relatif.
|
izin download dong kak
BalasHapus