PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan
Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : Kelas X /Semester 1
Mata
Pelajaran :
Matematika
Topik :
Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)
Waktu : 4 X 45
Menit
A.
Kompetensi Inti SMA
Kelas X :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
3.
Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan
konsep sistem persamaan linier dua dan tiga variabel serta pertidaksamaan
linear dua variabel dan mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam
menentukan himpunan penyelesaian serta memeriksa kebenaran jawabannya dalam
pemecahan masalah matematika.
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
·
Terlibat aktif dalam
pembelajaran Sistem persamaan linier
·
Bekerjasama dalam
kegiatan kelompok
·
Toleran terhadap proses
pemecahan masalah yang kreatif dan berbeda
·
Menemukan konsep
persamaan linier dua
variabel dari permasalahan yang diberikan
·
Menentukan himpunan
penyelesaian sistem persamaan linier dua
variabel
D.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
berfikir logis, kemandirian, kreatifitas peserta didik dapat menemukan konsep
persamaan linier dua
variabel melalui percobaan-percobaan
dalam suatu kegiatan dan dapat menentukan himpunan penyelesaiannya.
E.
Materi
1.
Menemukan konsep
persamaan linier dua
variabel dari masalah yang berhubungan dengan persamaan linier
2.
Menentukan himpunan
penyelesaian sistem persamaan linier dua
variabel
F.
Pendekatan
/Model/Metode Pembelajaran
·
Pendekatan : Scientific
·
Model : Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
·
Metode : Diskusi Berkelompok
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami Sistem persamaan linear dua
variabel sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir
kritis, peserta didik diberikan suatu
permasalahan.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai.
|
20 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi kelompok yang terdiri dari 2 orang.
Mencoba
2. Guru membagikan LKS 1 kepada setiap peserta
didik. peserta didik diminta
mengerjakan secara individu (Think) dengan cermat dan teliti
Menanya
3. Guru memberi bimbingan kepada peserta
didik yang mengalami kesulitan
secara berpasangan (Pair) dalam kelompoknya, peserta
didik diminta mendiskusikan hasil pekerjaan masing-masing.
Mengasosiasikan
4. Selanjutnya setiap
pasangan
mendiskusikan (share) hasil kerja
masing-masing, bersama pasangan lain dalam kelompoknya dengan saling
menghargai
Mengkomunikasikan
5. Perwakilan beberapa
kelompok diminta untuk menyajikan hasil diskusi kelompok di depan
kelas (share), dengan penuh percaya
diri, dan siswa dari kelompok lain diminta menanggapi dengan penuh rasa
tanggung jawab.
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik dibantu oleh
guru membuat kesimpulan.
2.
Peserta didik melakukan
refleksi bersama guru.
3.
Guru memberikan tugas PR beberapa soal
mengenai penerapan persamaan linier
.
4.
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan untuk tetap semangat belajar.
|
20 menit
|
H.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1.
Alat :
Lembar Kerja
2.
Sumber :
Buku Panduan Guru Matematika Kls X hal 91 - 95, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia, 2013.
I. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian :
pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur penilaian
Tes
tertulis:
Kerjakan
soal berikut:
1.
Tentukan
HPnya dengan menggunakan metode eliminasi.
a.
b.
2.
Tentukan
HP nya dengan menggunakan metode substitusi.
a. b.
|
Palembang,
2013
|
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Palembang
Dra.
Hj. Sugiharti, M.M.
NIP.
195807031983012001
|
Guru Mata Pelajaran
Melly Arthalia
|
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X/ 1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan :
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
|
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
LEMBAR
KERJA SISWA – 2
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri
2 Palembang
Kelas
/ Program : X / Umum
Mata
Pelajaran : Matematika
Standar Kompetensi :
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
sistim
Persamaan Linear
dan Kuadrat dua variabel
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear dua
variabel
Materi Pelajaran : Sistem Persamaan Linier Dua variabel
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
|
1.
METODE
ELIMINASI
Cara
menyelesaikan sistem persamaan linear dua peubah dengan eliminasi yaitu dengan
mengeliminasi (menghilangkan) salah satu peubah sehingga yang tadinya 2 persamaan
dengan 2 peubah menjadi salah satu peubah x atau y.
Contoh : Tentukan HP dari dengan
menggunakan metode eliminasi
Jawab : Eliminasi x dari :
Eliminasi x
dapat y =.....
Eliminasi y dari :
Eliminasi y dapat x = .....
LATIHAN SOAL
1.
Tentukan
HPnya dengan menggunakan metode eliminasi.
a.
b.
2.
METODE
SUBSTITUSI
Menyelesaikan
sistem persamaan linear dua peubah dengan menggunakan metode substitusi yaitu
dengan memasukkan salah satu persamaan ke persamaan yang lain.
Contoh : Tentukan HP dari dengan menggunakan metode substitusi !
Jawab : x
+ 2y = 8
Substitusi x = … subtitusikan x=..... ke persamaan 2, maka
:
4( …
) – y = 0
Diperoleh y=......
y = ...... disubtitusikan
kesalah satu persamaan, maka didapat x =.....
Jadi HP:{
…, … }
LATIHAN SOAL
1.
Tentukan
HPnya dengan menggunakan metode substitusi dari :
a.
b.
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / 1
Tahun
Pelajaran : 2013/ 2014
Waktu
Pengamatan :
No
|
Nama
peserta didik
|
Keterampilan
|
|||||
KT
|
T
|
ST
|
|||||
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
Keterangan:
KB : Kurang Terampil
B : Terampil
SB : Sangat Terampil
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : X / 1
Tahun
Pelajaran : 2013/ 2014
Waktu
Pengamatan :
Keterangan:
KB :
Kurang Terampil
B : Terampil
SB : Sangat Terampil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar